Solusi Cara Mengatasi Motor Mati Saat Hujan & Banjir

Bagaimana mengatasi kendala motor mati mendadak saat hujan atau banjir.hal tersebut bisa terjadi kapanpun disaat yang tidak di inginkan. Ada beberapa masalah sering bikin motor mati saat jalan dalam kondisi banjir.


Selain disaat musim hujan, terkadang masalah motor tidak bisa menyala juga muncul ketika anda mencuci motor. Pencucian motor yang asal tentunya bisa berakibat pada hal-hal yang tak terduga salah satunya menyebabkan motor mogok.

Faktor Mesin Motor Mati Mogok Saat Hujan & Banjir

1. Kondisi Busi Basah.
2. Karburator Tercampur Dengan Air.
3. Knalpot kemasukan air.
4. Sumber Kelistikan CDI basah.
5. Terakir faktor yang sangat fatal mesin kemasukan air yang menyebabkan oli tercampur air.

Hal yang perlu di Perhatikan jika Motor tidak Ingin mati saat Hujan Banjir

1.Pertama Busi
 Ketika musim hujan & banjir area busi menjadi area yang harus diperhatian karena ketika penutup busi(karet busi) tidak berfungsi dengan baik,maka ada potensi air masuk kedalam cop busi sehingga mengganggu pengapian pada mesin motor.

Yang mengakibatkan pengapian mesin akan mengalami masalah yang menimbulkan mesin mati dan sulit untuk dihidupkan susah untuk di starter.

2.Kedua Karburator
Jangan biarkan air masuk kedalam karburator karena air yang masuk kedalam karburator tentunya akan mengganggu proses pembakaran, air merupakan element yang kontra dengan api.

Sehingga pembakaran didalam ruang bakar akan sulit terjadi proses pembakaran bahan bakar.
Catat : Ini berlaku hanya pada mesin karburator tidak untuk injeksi.

3.CDI Basah
Pada kasus ini sebetulnya jarang sekali terjadi jika motor anda masih pada kondisi orisinal dengan kata lain kondisi  kerangaka body masih tertup rapi.

Namun jika sokcet Capasitor CDI ini basah terkena air, otomatis aliran arus listrik akan terganggu. Ini menyebabkan lemahnya api pada busi sehingga motor susah dihidupkan dan bisa menyebabkan motor anda tersendat-sendat.

* Itu merupakan beberapa faktor utama hal yang dapat mnyebabkan mesin motor anda mati mogok saat hujan dan banjir.saya pastikan jika faktor di atas tidak terjadi masalah seharusnya motor anda tidak mengalami mogok/mati.

* Namun jika mesin motor masih tidak bisa hidup silahkan anda bawa pada bengkel kepercayaan anda.karena ada kemungkinan mesin motor anda melangalami kerusakan yang serius.

No comments:

Post a Comment

Motor Gl 100 Modif Jabstyle Jadi Berwajah Sangar Dan Keren

Modifikasi Gl 100 Jabstyle Keren Istimewa Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda akan memodifikasi kendaran motor ataupun mob...

loading...